KOKO CICI JAKARTA

Koko Cici Jakarta dirintis oleh angkatan pertama finalis Koko Cici Jakarta 2002 dan telah dikukuhkan oleh Walikotamadya Jakarta Barat saat itu. Pengukuhan Ikatan Koko Cici Jakarta ini dilaksanakan pada tanggal 21 September 2002, bertepatan dengan penyelenggaraan Mooncake Festival.

Pada tahun 2006, tepatnya pada Malam Final Pemilihan Koko Cici Jakarta 2006, Gubernur DKI Jakarta, Bapak Sutiyoso mengangkat Koko Cici Jakarta ke tingkat Provinsi DKI Jakarta. Koko Cici Jakarta telah menjadi wadah yang lebih profesional dalam menghasilkan kegiatan-kegiatan yang bertemakan sosial-budaya dan juga menghimpun generasi muda Indonesia untuk memajukan pariwisata dan kekayaan budaya Indonesia.

Koko Cici Jakarta adalah wujud dari minat besar generasi muda untuk menghidupkan kembali kekayaan seni dan budaya khas dari masyarakat Tionghoa, sebagai salah satu daya tarik wisata Indonesia, khususnya Kota Jakarta.

VISI & MISI

Koko Cici Jakarta adalah wujud dari minat besar generasi muda untuk menghidupkan kembali kekayaan seni dan budaya khas dari masyarakat Tionghoa, sebagai salah satu daya tarik wisata Indonesia, khususnya kota Jakarta. Berkaitan dengan visi tersebut, maka misi yang diemban oleh Koko Cici Jakarta adalah:

  • Mengembangkan apresiasi para finalis Koko dan Cici.
  • Mempererat rasa persatuan dan kesatuan budaya di Indonesia.
  • Membantu pemerintah dalam mempromosikan Jakarta sebagai daerah tujuan wisata utama.
  • Berpartisipasi dalam berbagai acara seni dan budaya yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun pihak swasta.

SEJARAH

Asal Usul Koko Cici Jakarta

IKOCIJAK (Ikatan Koko Cici Jakarta) setiap tahunnya mengadakan Pemilihan Koko Cici Jakarta sebagai duta pariwisata, budaya, dan sosial. Pemilihan Koko Cici Jakarta merupakan event resmi yang telah diselenggarakan oleh Pemerintah DKI Jakarta dengan IKOCIJAK sejak tahun 2002. Koko dan Cici terpilih akan menjadi duta pariwisata sekaligus duta kebudayaan Tionghoa untuk dilestarikan dan dikembangkan serta untuk memberikan daya tarik pariwisata Jakarta khususnya dan Indonesia pada umumnya.

APA YANG KITA LAKUKAN?

Koko Cici Jakarta sebagai Duta Pariwisata, Sosial, dan Budaya

Sebagai duta budaya, Koko Cici Jakarta harus menjadi contoh dan pedoman bagi masyarakat terutama generasi muda daam menghidupkan dan melestarikan budaya Tionghoa di tengah masyarakat Indonesia. Selain itu, melalui berbagai kegiatan, Koko Cici Jakarta mengajak masyarakat untukmencintai kebudayaan Indonesia yang sangat kaya dan beraneka ragam keunikannya. Sedangkan sebagai duta pariwisata, Koko Cici Jakarta akan bersama pemerintah membangun dunia kepariwisataan yang unik, menarik, dan elegan, dimana akhirnya Kota Jakarta akan memiliki daya tarik dair bidang pariwisatanya sendiri yang tidak kalah dengan kota lain bahkan dengan negara-negara lain di dunia.

Pemilihan Koko Cici Jakarta bukan diselenggarakan untuk semata-mata memperlihatkan atau menonjolkan kehebatan suatu suku budaya tertentu, tetapi bertujuan untuk menunjukkan keindahan, kekayaan, dan kebesaran kesenian Budaya Tionghoa yang tidak lain adalah bagian dari kekayaan Budaya Indonesia itu sendiri. Jakarta sebagai ibukota negara merupakan miniatur dari keanekaragaman budaya dan tradisi yang ada di Indonesia.